pondok zikir

Pondok Dzikir
Main Menu

* Home
* Tentang Kami
* Artikel

Pelatihan

* Materi Pelatihan
* Jadwa Pelatihan
* Terapi Dzikir Asmaulhusna
* Terapi Tadabbur Qur'an

Links

* Pondok Tadabbur

Pondok Dzikir
SELAMAT DATANG
PostDateIconSaturday, 05 June 2010 02:31 | PostAuthorIconWritten by Administrator | PDF | Print | E-mail



Assalamualaikum wr wb

Ada 3 perintah Allah dalam surat Almaidah ayat 35 yaitu agar kita bertakwa padaNya , mencari jalan untuk mendekatkan diri padaNya dan berjuang dijalanNya. Dalam usaha mendekatkan diri pada Allah sebagaimana dimaksud diatas ada 3 jalan utama yang dapat kita tempuh , yaitu berdzikir mengingatNya dengan sebanyak banyaknya, membaca Qur’an dengan tadabbur, dan mengerjakan sholat dengan khusuk.

Web ini berisi berbagai masalah disekitar dzikir mengingat Allah, tadabbur Qur’an dan pelaksanaan sholat khusuk. Artikel yang kami himpun didalam web ini juga berkisar disekitar masalah dzikir, tadabbur Qur’an dan sholat khusuk ini. Dzikir , tadabbur Qur’an dan sholat khusuk dapat membentuk fikiran dan perasaan positip yang diharapkan dapat meningkatkan kwalitas hidup seseorang didunia dan akhirat.

Untuk mendukung terlaksananya semua kegiatan diatas kami juga mengadakan pelatihan dzikir pernapasan asmaulhusna , tadabbur Qur’an dan sholat khusuk yang pelaksanaannya kami lakukan sesuai jadwal dan tempat yang kami umumkan pada web ini.


Bagi yang berminat mengcopy dan menyebar luaskan artikel diweb ini kami persilahkan asal menyebut sumber dari artikel tersebut, karena disamping artikel yang kami buat sendiri terdapat pula artikel yang kami ambil dari situs dan sumber lainnya. Semoga situs ini bermanfaat bagi kita semua . Amiin.

Last Updated (Thursday, 14 October 2010 09:27)

SENI PERNAPASAN DZIKRULLAH
PostDateIconSaturday, 02 October 2010 11:25 | PostAuthorIconWritten by Administrator | PDF | Print | E-mail



Oleh Fadhil ZA



Bernapas adalah kegiatan yang kita lakukan setiap hari, manusia bisa bertahan tidak makan dan minum selama satu atau dua hari, namun tidak seorangpun yang mampu bertahan hidup tanpa bernapas selama itu. Rata rata manusia hanya mampu menahan napas selama 30-60 detik. Orang yang sudah terlatih seperti penyelam, penyanyi, olahragawan memang ada yang mampu bertahan antara dua sampai tiga menit, namun untuk itu tentu membutuhkan latihan yang tekun dan lama .

Napas adalah karunia Allah paling besar bagi manusia, berhenti bernapas berarti berhenti hidup. Udara yang dihirup dari alam bebas memberi energi kehidupan pada setiap sel tubuh manusia. Allah memberikan udara berlimpah untuk kehidupan manusia dan mahluk lainnya , namun sedikit sekali manusia yang memnsyukuri pemberian yang berlimpah itu. Manusia merasa bernapas bukanlah hal yang istimewa, karena itu mereka lakukan secara rutin terus menerus setiap hari. Mereka baru menyadari pentingnya bernapas ketika mengalami kesulitan untuk menghirup udara yang bersih.

Seorang guru ditanya oleh muridnya:” Guru , apakah sesuatu yang paling utama bagi kehidupan kita manusia ini? “ . Gurunya menjawab:” Mari ikut aku kesungai, nanti aku jelaskan”. Sesampainya disungai mereka berdua mandi disungai itu. Tiba tiba sang Guru menekan kepala muridnya kedalam air , hingga sang murid menggelepar panik berusaha membebaskan diri. Berulang –ulang sang Guru melakukan hal ini , sehingga sang murid menjadi letih. Sang Guru bertanya :” Apa yang kau rasakan ketika aku menenggelamkan kepalamu ke dalam air?” . Sang murid menjawab :” saya ingin bernapas ya Guru”. Sang Guru menjawab:” Nah itulah hal utama yang penting bagi kehidupan kita”.

Selama ini kita lupa bersyukur pada Allah yang telah memberikan udara berlimpah untuk kehidupan kita dengan mudah , tanpa harus bekerja keras sebagaimana kalau kita ingin mendapatkan makanan atau buah-buahan. Untuk mendapatkan makanan dan buah-buahan kita harus bekerja keras, bertani atau membelinya dengan harga yang mahal. Namun untuk mendapatkan udara kita bisa memperolehnya dengan mudah dari alam bebas tanpa harus membayar atau bekerja keras. Kita baru menyadari nikmatnya napas ketika mengalami masalah dengan pernapasan, seperti tenggelam, terhimpit diruang yang sempit dan pengap, berada ditengah kerumunan orang yang saling berdesakan, sakit asma , dan hal lain hingga memerlukan bantuan tabung oxigen.Mari kita syukuri nikmat napas yang diberikan Allah pada kita dengan mengiringi setiap tarikan dan hembusan napas dengan dzikir mengingat Allah.

Last Updated (Saturday, 02 October 2010 11:43)

Read more...

PELATIHAN SHOLAT KHUSUK DAN DZIKIR PERNAPASAN ASMAULHUSNA
PostDateIconThursday, 14 October 2010 08:30 | PostAuthorIconWritten by Administrator | PDF | Print | E-mail

Oleh Fadhil ZA

Banyak orang yang mengerjakan sholat namun sampai sekian lama belum bisa khusuk dalam sholatnya. Ketika sholat fikiran melayang kemana mana , antara ucapan , fikiran dan hati tidak sejalan. Mengerjakan sholat hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Sholatpun tidak memberi bekas yang berarti dalam kehidupannya.

Tidak banyak orang yang peduli dengan sholat ini, sebagian besar umat Islam merasa cukup mengerjakan sholat asal sudah memenuhi rukun syarat syahnya sholat. Tidak bisa khusuk ?...bukan masalah, yang penting sudah mengerjakan sholat sesuai syarat rukun yang telah ditetapkan. Akibat ketidak pedulian ini , sholat tidak memberi bekas dan manfaat yang berarti bagi umat Islam.

Untuk mencapai sholat khusuk bukan hanya harus paham dan mengerti bacaan yang diucapkan dalam sholat , tapi fikiran dan hati harus betul betul mengikuti apa yang diucapkan dan dibaca dalam sholat tersebut. Agar hati dan fikiran betul betul mengikuti apa yang dibaca dalam sholat dibutuhkan latihan rutin diluar sholat.

Fikiran manusia selalu bergerak dan berubah setiap saat, fikiran bersifat liar , ia tidak bisa dihentikan namun bisa dikendalikan. Para pakar mengatakan bahwa fikiran manusia selalu berubah sampai 60.000 kali dalam sehari semalam, fikiran tidak pernah berhenti bergerak , bahkan ketika kita sedang tidur fikiran tetap aktif mengembara kemana mana.

Dalam sholatpun demikian, ketika sholat fikiran akan melayang kemana-mana apalagi kalau yang bersangkutan tidak mengerti ayat yang dibaca. Seharusnya fikiran dan hati mengikuti dan menghayati ayat atau bacaan yang diucapkan dalam sholat. Tidak mudah mengendalikan fikiran dan perasaan (qolbu) agar selalu fokus pada ayat yang dibaca, dibutuhkan latihan yang tekun dan kontinu diluar sholat.

Seni Pernapasan dzikrullah adalah metode yang kami kembangkan untuk melatih agar fikiran dan hati fokus pada kalimat yang diucapkan dalam sholat. Dengan melakukan tehnik olah napas relaksasi dan konsentrasi fikiran dan perasaan dilatih untuk mengikuti bacaan dzikir dan kalimat thoyyibah yang dibaca didalam hati.

Last Updated (Thursday, 14 October 2010 08:51)

Read more...

LATIHAN DZIKIR PERNAPASAN ASMAULHUSNA ANGKATAN KE 3
PostDateIconSaturday, 02 October 2010 11:46 | PostAuthorIconWritten by Administrator | PDF | Print | E-mail

LATIHAN DZIKIR PERNAPASAN ASMAULHUSNA ANGKATAN KE 3

DILAKUKAN DALAM 2 KALI PERTEMUAN



Oleh Fadhil ZA





Dari pengalaman mengadakan 2 kali pelatihan dzikir pernapasan asmaulhusna , ternyata waktu yang tersedia dengan satu kali pertemuan tidaklah mencukupi . Sehubungan dengan hal tersebut maka mulai angkatan ke 3 kami mengadakan pelatihan dengan 2 kali pertemuan . Hari pertama peserta diberikan teori prinsip kerja otak kiri , otak kanan serta tehnik olah napas, tadabbur Qur’an dan sholat khusuk. Hari kedua peserta diberikan latihan tehnik pernapasan dzikrullah peregangan , relaksasi dan konsentrasi.

Antara latihan hari pertama dan ke dua diberi jarak waktu selama 2 minggu untuk memberi kesempatan peserta menghafal kalimat dzikir yang dibaca dan melatih tehnik dasar pernapasan dirumah. Latihan bagi peserta angkatan ke 3 akan kami adakan pada hari Minggu tanggal 31 Oktober dan 14 November 2010 di Komplek perumahan Taman Firdaus -Desa caringin Bogor (lihat gambar) . Materi pelatihan sebagai berikut dibawah ini

MATERI PELATIHAN HARI PERTAMA

Latihan hari pertama dimulai jam 9.00 s/d jam 15.00 dengan materi pelatihan sebagai berikut:

Mengenal prinsip kerja fikiran sadar, bawah sadar dan hati (qolbu). Fikiran bawah sadar atau disebut juga alam bawah sadar merupakan blue print kehidupan manusia yang dibentuk dan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal yang berasal dari hati (qolbu). Dzikir dan sholat khusuk adalah usaha untuk membentuk dan memprogram fikiran bawah sadar hingga sesuai dengan Al-Qur’an dan menuntun seseorang untuk mencapai kehidupan yang baik didunia dan akhirat.

Tehnik pengolahan dan pengendalian nafas ketika melakukan dzikir dan sholat.

Pengendalian dan pengolahan napas yang tepat dan benar dalam berdzikir dan melakukan sholat akan membantu meningkatkan daya konsentrasi dan meningkatkan kadar oxygen dan energi yang masuk kedalam tubuh. Kepada peserta akan diberikan tehnik pengolahan napas selama berdzikir dan melakukan gerakan sholat. Efek dari pengolahan dan pengendalian napas ini akan langsung dirasakan oleh para peserta selama latihan ini.

Last Updated (Thursday, 14 October 2010 09:55)

Read more...

MENGENAL METODE DZIKIR PERNAPASAN ASMAULHUSNA, TADABBUR QUR’AN DAN SHOLAT KHUSUK
PostDateIconWednesday, 09 June 2010 08:12 | PostAuthorIconWritten by Administrator | PDF | Print | E-mail

Oleh Fadhil ZA



Dalam surat Almaidah ayat 35 Allah memerintahkan orang ber-Iman untuk mencari jalan mendekatkan diri padaNya.





Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (Al Maidah 35)

Ada 3 kegiatan utama yang dapat dilakukan dalam ranngka mendekatkan diri pada Allah , yaitu : Dzikir mengingat Allah, tadabbur Qur’an dan sholat khusuk.



a. Dzikir mengingat Allah

Perintah untuk mengingat Allah sangat banyak ditemui dalam Qur’an, dzikir mengingat Allah bisa dilakukan ketika berdiri, duduk dan berbaring, pada waktu pagi ,petang dan malam hari, secara lisan maupun didalam hati, berjamaah maupun seorang diri. Banyak metode dzikir yang diajarkan oleh para ulama terdahulu, salah satu cara yang kami kembangkan adalah dzikir pernapasan asmaulhusna. Dzikir pernapasan asmaulhusna dilakukan dengan membaca kalimat asmaulhusna didalam hati ketika menarik dan menahan napas, dan berdo’a dengan menyebut asmaulhusna tersebut ketika menghembuskan napas. Metode ini kami kembangkan berdasarkan surat Al-A’raaf ayat 180 dan 205 dan hadist Rasulullah yang menerangkan tentang 99 nama Allah (asmaulhusna).

Last Updated (Saturday, 07 August 2010 00:13)

Read more...

More Articles...

* MANFAAT DZIKIR MENGINGAT ALLAH
* LATIHAN MENCAPAI SHOLAT KHUSUK

<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Page 1 of 2

Copyright © 2009 ---.
All Rights Reserved.

Powered by Joomla!. Website template created by Web Design Tutorials.

0 Response to "pondok zikir"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme